Minggu, 15 Januari 2012

Benda Mati

Mungkin ini adalah penjelasan tentang suatu hal yang basi . Yang bahkan anak balita-pun tau . Gelas , Korek api , Botol , Rokok , Burger , dll . Semuanya itu adalah " Benda " yang memiliki berat , volum , dan ruang didalamnya . Namun mereka adalah " Mati " yang hanya bergerak , berpindah , atau bahkan berubah bentuk jika ada penggeraknya . Penggerak itu adalah manusia , sejauh ini hanya manusia yang mengerti mana benda mati dan benda hidup , itu karena manusia punya naluri . 

Sesekali saya mengamati benda-benda ini . Imajinasi saya tentang mereka ( Benda Mati ) adalah Bagaimana jika mereka memiliki sebuah nyawa dan perasaan layaknya naluri manusia ? . Pernahkah kita berpikir ? Mungkin mereka akan menangis jika kita jatuhkan tanpa sengaja , mungkin mereka akan marah saat kita membawa mereka tidak dengan baik , mungkin mereka tertawa saat melihat sekitarnya bahagia , bahkan mungkin mereka jatuh cinta dengan benda yang lain . Itulah mereka , Benda Mati hanya diciptakan untuk dipergunakan , digerakkan , dan membantu jalan hidup manusia . Secanggih apapun , seperti mobil atau bahkan robot . Mereka masih termasuk benda mati bagi saya , karena mereka hanya sebuah kinerja teknis dengan perangkat yang tak bernyawa . 

Benda mati selalu ada dimanapun kita berada , Benda mati selalu ada ditiap waktu kita ada . Coba sesekali gambarkan mereka dengan kita ( manusia ) . Manusia adalah spesies hidup yang bergerak , Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna . Mungkin karena naluri , manusia menjadi seperti benda mati . Yang tak pernah sadar bahwa hidupnya tercukupi , tak mau berusaha , bertindak sana-sini . Manusia terbentuk dari satu kesatuan yang utuh , berbeda dengan benda mati . Mereka terbentuk karena serpihan-serpihan bahan dasar di dunia . Gelas teruarai dari kaca , lem , air . Botol teruarai dari tumbuhan yang kemudian dijadikan kertas dan kemudian menjadi plastik . Kita adalah Manusia , ciptaan paling terhormat yang pernah ada di alam semesta .

Manusia seharusnya menjadi lebih baik dari sekumpulan benda mati , dimana bila benda itu sudah tak layak pakai atau tak berguna , benda itu akan dibuang oleh pemiliknya . Benda Mati yang terbuang sering kita sebut sebagai SAMPAH . Mereka itu tak berguna jika sudah menjadi sampah , hanya akan menimbun dan tertimbun . Sulitkah kita mengawali sebuah pergerakan untuk diri kita sendiri ? Untuk sebuah masa depan kita sendiri ? Tanpa harus memikirkan diri sendiri ? Hargailah segala jerih payah orang disekitarmu , jadikan itu sebagai jalan pikir terbaikmu . Hormati setiap apa yang pernah mereka lakukan . Jangan jadikan segalanya disekitarmu seperti SAMPAH , yang tak pernah dipedulikan orang lain . Entah sadar atau tidak ? terkadang kita hanya menjalani hari " hanya " untuk menjaga diri sendiri tanpa pernah mau tau apa yang terjadi dengan orang lain . Entah apapun yang terjadi , cobalah sesekali mempedulikan orang lain . Jadilah peduli , maka kau akan lebih dipedulikan . Jadilah menghargai , maka kau akan lebih dihargai . Habiskan sisa hidupmu ini untuk dikenang orang lain , Jadikan dirimu sebagai tempat dimana orang lain akan menempatkan senyum dalam hidupmu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar